Universitas Adzkia Luluskan 134 Wisudawan Prodi Kependidikan

Wed, 08/11/2023

Universitas Adzkia mewisuda sebanyak 134 lulusannya dalam Wisuda XVIII di Gedung Adzkia Convention Center, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) pada Rabu (8/11/2023).

Lulusan yang diwisuda kali ini berasal dari lima program studi (prodi) kependidikan, yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar (93 orang), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (25 orang), Pendidikan Bahasa Indonesia (8 orang), Pendidikan Matematika (7 orang), dan Pendidikan Fisika (1 orang).

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Adzkia Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, M.Sc., Psikolog yang akrab disapa IP ini berpesan agar para wisudawan mengamalkan ilmu yang telah diperoleh di tengah masyarakat.

"Ilmu akan terasa manfaat bila diamalkan. Khoirunnas anfauhum linnas. Semoga ananda dapat menjadi orang yang bermanfaat karena ilmu yang dimiliki," ujar IP.

Mantan Gubernur Sumbar dua periode sekaligus pendiri Yayasan Adzkia Sumbar ini menyebut prosesi wisuda adalah awal dari perjuangan berikutnya.

"Wisuda adalah awal dari perjuangan ke depan. Awal untuk bekerja dan meniti karier. Awal untuk meniti hidup bagi yang berkeluarga. Awal untuk meraih apa-apa yang kita inginkan ke depan," sambungnya.

Rektor IP mengungkapkan kebanggaannya terhadap prestasi para lulusan Universitas Adzkia beberapa tahun terakhir. Mereka tidak hanya berperan sebagai guru, tetapi juga berbagai profesi lain yang terkait dengan dunia pendidikan.

"Untuk kependidikan, lebih 85% lulusan kita terserap. Sebagian menjadi PNS di pemerintah daerah yang ada di Sumbar. Ada pula yang menjadi pengusaha pendidikan atau edupreneurship dengan membuka sekolah baru," jelasnya.

Pelaksanaan wisuda Universitas Adzkia XVI turut dihadiri Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X yang diwakili Kepala Subbagian Sistem Informasi dan Kerja Sama Sirjon, S.Sos, Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd. mewakili orang tua wisudawan, dan Direktur Utama PDAM Kota Payakumbuh Dr. H. Khairul Ikhwan, S.Sos., M.M.

Berikutnya, Pembina Yayasan Adzkia Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng., Ketua Yayasan Adzkia Drs. Muhardanus Datuk Sampono Kayo, serta perwakilan mitra Bank Muamalat, Bank Syariah Indonesia, Bank Nagari Syariah, dan GCI.

Menutup rangkaian wisuda, diumumkan nama-nama wisudawan terbaik, Bintang Aktivis Kampus, dan Bintang Pendidikan Karakter.

Nama-nama wisudawan terbaik yakni Lailatun Nazmi (PGSD), Elisri Ramadhani (PGPAUD), Tiara Octa Candra (Pendidikan Bahasa Indonesia), dan Reza Monalia Safitri (Pendidikan Matematika).

Adapun Bintang Aktivis Kampus diraih Hayatul Pikri (PGSD) dan Bintang Pendidikan Karakter diraih oleh Novia Ramadhani Nursaned (PGSD).

Saat ini, Universitas Adzkia memiliki 15 prodi untuk jenjang S-1. Selain lima Prodi Kependidikan, terdapat sepuluh prodi lainnya yakni Sistem Informasi, Informatika, Teknik Industri, Teknik Sipil, Manajemen Ritel, Wirausaha, Agribisnis, Gizi, Hukum Bisnis, dan Pendidikan Khusus. Terbaru, Prodi Pendidikan Dasar untuk jenjang S-2. [UA]

Developed by Smart Campus Copyright 2024 Universitas Adzkia