Universitas Adzkia

Manajemen Ritel

Manajemen Ritel program studi (Prodi) yang terbilang cukup baru keberadaannya di institusi pendidikan. Bisa dikatakan jurusan ini masih terdengar sangat asing di telinga masyarakat, kecuali bagi mereka yang memang selalu update masalah pendidikan. Mengingat jurusan ini yang tidak terlalu dikenal khalayak, tentu saja banyak dari kita yang terus bertanya-tanya dan mencari informasi terkait prodi satu ini.

Manajemen Ritel sebenarnya masih bagian dari jurusan manajemen bisnis, hanya saja jurusan ini berfokus untuk mengajarkan para mahasiswanya dalam pengelolaan bisnis ritel atau industri ritel. Sebagaimana tingginya minat masyarakat untuk bisa belajar terkait manajemen bisnis, maka jurusan satu ini juga tidak kalah dibandingkan dengan jurusan manajemen bisnis lainnya.

Jurusan manajemen ritel sangat cocok untuk kamu yang menyukai dunia bisnis. Dimana para lulusannya nantinya akan dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang banyak mengenai industri bisnis ritel. Sehingganya dengan kamu tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk memulai karir kamu di dunia industri ritel termasuk juga manajemen toko ritel. 

Selain itu kamu juga bisa mempelajari terkait pembelian, pemasaran serta juga memulai karir sebagai pengawas di tingkat korporasi. Tentu saja akan ada banyak bidang ilmu yang kamu pelajari pada jurusan ini, dan semua itu akan mengantarkan kamu ke pada jenjang masa depan yang cukup menjanjikan. Sebab ada banyak sekali lapangan kerja yang siap menanti terkait manajemen ritel ini. Sebagaimana kita ketahui bahwa bisnis ritel bisa kita katakan cukup banyak saat ini, sehingganya pengusaha-pengusaha tersebut membutuhkan lulusan manajemen ritel dalam memanajemen bisnis mereka.

Prodi Manajemen Ritel Universitas Adzkia

Sebagaimana sudah kita jelaskan di poin atas bahwa jurusan manajemen ritel ini masih terbilang asing dan baru. Membaca peluang tersebut, salah satu Kampus Swasta terbaik yaitu Universitas Adzkia membuka program studi baru “Manajemen Ritel” agara memudahkan calon mahasiswa untuk belajar bisnis ritel lebih baik.

Program Studi Manajemen Ritel jurusan baru di Universitas Adzkia di tahun ajaran 2022 ini. Nah, bagi kamu yang ingin mempelajari bisnis ritel sekaligus manajemen bisnis ritel yang baik maka kampus Adzkia bisa menjadi pilihan tepat untuk mempelajarinya. 

Sebagaimana kita ketahui bahwa belajar di Universitas kamu akan menikmati beragam fasilitas yang lengkap. Selain itu, kampus ini tidak hanya akan fokus melatih kamu dalam bidang kurikulum saja tapi juga ada banyak ekstra-kurikulum yang bisa kamu ikuti. Tidak lupa juga nantinya ada pelatihan kepemimpinan yang juga bisa kamu ikuti.

Mata Kuliah Manajemen Ritel

Berbicara mengenai mata kuliah jurusan manajemen ritel ini, tentu saja setiap kampus memiliki kebijakan kurikulum yang berbeda. Dengan kebijakan ini pulalah, maka setiap kampus tentu saja mempunyai mata kuliah masing-masing. meskipun demikian, mata kuliah yang disajikan tentu saja memiliki tujuan yang sama dan tidak akan jauh berbeda.

Mengetahui mata kuliah sebelum memulai perkuliahan tentu saja adalah sesuatu yang baik, ini bertujuan agar memudahkan nantinya dalam mengikuti perkuliahan. Maka tidak heran calon mahasiswa atau mereka para mahasiswa baru akan mencari informasi ini terlebih dahulu. Sebagai bahan pertimbangan, berikut gambaran mata kuliah prodi Manajemen Ritel :

1. Membangun dan menjaga hubungan bisnis dalam industri ritel

2. Mengidentifikasi dan memahami konsumen

3. Penentuan lokasi ritel

4. Strategi pemasaran ritel

5. Pengaturan barang dagangan dan kebijakan harga

6. Strategi promosi peritel

7. Perkembangan peritel dunia maya

8. E-commerce

9. Manajemen pengusaha

10. Dan mata kuliah lainnya, yang di dalamnya juga akan mempelajari mata kuliah umum seperti matematika atau kalkulus dan lain sebagainya.

Prospek Kerja Manajemen Ritel

Berbicara mengenai prospek kerja, tentu saja ini adalah satu di antara banyak alasan lainnya seorang calon mahasiswa ketika memilih jurusan. Memang sangat penting sekali mengetahui terlebih dahulu peluang kerja terkait jurusan tersebut, sebab ini jug akan menentukan karir kita di masa depan nantinya. Terlebih dari itu semua, tentu saja memilih jurusan ini juga harus didasari dengan minat dan bakat yang anda miliki.

Meskipum demikian, peluang atau prospek kerja memanglah menjadi perhatian tersendiri untuk para lulusan sekolah Menengah Atas ketika hendak melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Maka dari itu, merekapun akan mencari tahu terkait hal tersebut.

Terkait peluang kerja manajemen ritel sebenarnya cukup luas yah, sebab ilmu yang dipelajarinya juga banyak. Sebab kurikulum atau perkuliahannya mempelajari berkaitan dengan kombinasi antara manajemen ritel, bisnis dan kepemimpinan. Nah, dengan banyaknya bidang ilmu yang dipelajari tentu saja bidang kerja yang tersajipun cukup banyak.

Sebagai lulusan sarjana Manajemen Ritel kamu bisa mengejar karir kamu dalam berbagai bidang terkait industri ritel maupun manajemen bisnis. Kamu bisa saja memulai usaha sendiri atau bekerja dengan orang lain tergantung ketertarikan yang dimiliki. Berikut ini adalah gambaran peluang kerja lulusan manajemen ritel :

1. Pengusaha

Peluang kerja pertama yang sanga menjanjikan dan impian setiap orang adalah memiliki usaha sendiri dengan menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri. Berbekal ilmu manajemen bisnis ritel yang kamu pelajari semasa perkuliahan maka kamu bisa memulai usaha dengan ilmu yang didapatkan tersebut. Kamu bisa menerapkan ilmu manajemen untuk usaha bisnis ritel kamu sendiri. Tidak hanya membuka pekerjaan untuk diri sendiri, kamu juga bisa memberikan lapangan kerja untuk orang lain.

1. Retail Leader & Manager

Dalam jurusan manajemen ritel kamu tentunya bisa menjadi seorang manajer dalam bidang ritel dan bidang bisnis.

2. Perencana bisnis e- commerce 

Dalam manajemen ritel tentunya kamu bisa menjadi seseorang yang mampu merancang dan melaksanakan pelayanan bisnis ritel dan e- commerce 

3. Business Stratup (Menrintis Usaha)

Dalam manajemen ritel kamu juga bisa menciptakan jenis usaha berbasis teknologi yang mampu bersaing dalam dunia usaha, memulai bisnis, mengembangkan bisnis dan sukses menjadi pengusaha online maupun offline

5. Manajemen Pembelian

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri ritel tentu saja mereka membutuhkan tenaga ahli dalam memanajemen pembelian agar perusahaan mereka bisa berkembang. Nah, kamu bisa memulai karir kamu sebagai manajemen pembelian terlebih dahulu.

6. Sistem Analis

Tidak jauh berbeda dengan manajemen pembelian, seorang sistem analis ini memiliki tugas dalam menganalisa jalan suatu usaha atau bisnis. Tentu saja industri ritel membutuhkan sistem analis untuk mengembangkan perusahaan atau bisnis mereka. Kamu akan menganalisa jalannya proses bisnis pada industri ritel tersebut.

7. Marketing Executive

Tanpa adanya tim marketing, tentu sebuah usaha tidak akan bisa bergerak maju. Sebab marketing ini memiliki peranan yang cukup penting dalam memasarkan sebuah produk yang dihasilkan agar dikenal oleh masyarakat luas. Marketing yang handal tentu saja ia memiliki ilmu yang mumpuni, nah setelah lulus dari prodi manajemen ritel kamu bisa menjadi tim marketing sebuah industri perusahaan dalam membantu pemasaran produk yang mereka hasilkan. 

Sebagai marketing Executive tentu saja kamu memiliki andil yang kuat dalam mengatur strategi pemasaran dalam industri bisnis tersebut. Kamu akan memiliki fokus pada pencapaian hasil yaitu untuk mendapatkan keuntungan maksimal dengan strategi yang dimiliki.


Developed by Smart Campus Copyright 2024 Universitas Adzkia

WhatsApp-Button