LPPPM Gelar Pelatihan Audit Mutu Internal

Tue, 28/03/2023

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Universitas Adzkia mengadakan pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) selama dua hari yang dimulai pada Selasa, 28 Maret 2023 di Ruang IHT, Kampus Adzkia Taratak Paneh. 

Acara diikuti oleh utusan dosen Gugus Kendali Mutu (GKM) dari 12 prodi yang ada di Universitas Adzkia.

Pada acara hari pertama, Wakil Rektor I Universitas Adzkia, Dr. Alfadhlani memberikan pemaparan tentang teori audit mutu internal. 

Dalam pemaparannya, Dr. Alfadhlani menjelaskan bahwa AMI merupakan proses pengujian yang sistematik, mandiri, dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di PT sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan instansi.

Dr. Alfadhlani menyampaikan bahwa tujuan dari AMI adalah untuk memastikan implementasi sistem manajemen sesuai dengan sasaran/tujuan, mengidentifikasi peluang perbaikan sistem manajemen mutu, mengevaluasi efektivitas penerapan sistem manajemen mutu, serta memastikan sistem manajemen memenuhi standar/regulasi.

Dr. Alfadhlani juga menjelaskan bahwa manfaat AMI adalah membantu organisasi dalam mencapai tujuannya dengan cara mengevaluasi dan mendorong adanya peningkatan melalui proses: 1) mengkomunikasikan tujuan PT, standar Dikti yang ditetapkan PT dan nilai-nilai yang telah ditetapkan; 2) memantau pencapaian kesesuaian tujuan dengan standar; 3) mengukur akuntabilitas dari pelaksanaan standar 4) mengurangi risiko PT.

Materi selanjutnya diberikan oleh Ketua LPPPM Universitas Adzkia Yeni Nurpatri, M.Pd tentang teori perencanaan dan pelaksanaan AMI.

Yeni Nurpatri menyampaikan dua tahapan AMI, yakni audit dokumen/desk evaluation dan audit kepatuhan/visitasi/lapangan

"Audit Dokumen (Desk Evaluation) adalah kegiatan audit terhadap kecukupan dokumen sistem organisasi, penjaminan mutu, dandokumen SPMI untuk memenuhi persyaratan standar yang telah ditetapkan. Audit dokumen dilakukan secara mandiri oleh auditor, tanpa interaksi dengan auditee. Kegiatan Audit ini menghasilkan checklist (daftar tilik) dari auditor yang berisi daftar pertanyaan, konfirmasi sesuai atau tidak sesuai, dan sebagainya," jelas Yeni Nurpatri.

Setelah itu, dilanjutkan dengan audit kepatuhan/visitasi/lapangan. Pelaksanaan Audit Lapangan (AL) atau visitasi merupakan kegiatan visitasi yang dilakukan oleh tim auditor ke unit dengan tujuan memverifikasi fakta dan kondisi lapangan terhadap data/informasi dari unit yang akan diaudit. 

"Audit lapangan merupakan tahap kedua pelaksanaan AMI setelah tim auditor menyelesaikan audit dokumen/sistem dan jadwal audit kepatuhan yang telah ditetapkan dan disetujui oleh tim auditor dan auditee," tambah Yeni Nurpatri.

Pad akhir acara, diadakan pembagian kelompok untuk persiapan praktik AMI. Diharapkan, pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas sistem manajemen mutu di Universitas Adzkia sesuai standar/regulasi yang berlaku.

"Hasil akhirnya adalah perencanaan AMI yang baik. Dengan adanya kepastian kegiatan AMI, semua pemangku kepentingan siap untuk melakukan AMI dengan tepat waktu sesuai kesepakatan.," ujar Yeni Nurpatri.

Developed by Smart Campus Copyright 2024 Universitas Adzkia